Posted by : NotSerious CH Selasa, 11 Februari 2014

Apasih foto Levitasi itu? Levitasi adalah sebuah teknik foto yang objek atau modelnya seolah-olah melayang tanpa menginjak tanah. Meski bukan penemunya, namun teknik foto ini dipopulerkan oleh seorang wanita asal Jepang bernama Natsumi Hayashi yang mempublikasikan foto dirinya dengan teknik levitasi di website yowayowacamera.com.
Contoh foto levitasi (sumber: yowayowacamera.com)
Contoh foto levitasi (sumber: yowayowacamera.com)
Mungkin sudah banyak yang kenal dengan komunitas Levitasi Hore, sebuah komunitas yang mengajak para fotografer untuk menunjukkan kreatifitasnya. Komunitas yangdibentuk pada tanggal 25 Desember 2011 ini awalnya tercetus karena rasa penasaran bagaimana membuat foto levitasi dengan menggunakan kamera iPhone (handphone).
Yup, tanpa disadari saat ini kita semua adalah fotografer. Kamera digital seolah sudah jadi fitur wajib di handphone. Tentu bisa dibilang mubazir jika kita hanya menggunakannya untuk memotret makanan yang hendak kita santap. Dengan kualitas kamera digital (pada handphone) yang semakin baik, beberapa teknik foto yang hanya bisa dilakukan lewat kamera SLR kini bisa juga dilakukan dengan menggunakan ponsel.
Tantangan membuat foto levitasi dengan menggunakan ponsel tentu lebih berat daripada menggunakan DSLR karena kemampuan seorang fotografer untuk mengambil foto frozen moment mutlak diperlukan. Seorang model dalam foto levitasi harus terlihat natural, seperti rambut yang tidak boleh terlihat berantakan dan baju yang jangan tersingkap atau menggembung. Ekspresi sang model pun harus terlihat meyakinkan.

Contoh Foto Levitasi (Sumber: levitasihore.tumblr.com)
Tidak adanya burst mode yang bisa menjepret beberapa foto dalam sekali tekan tombol shutter pada handphone tentu membuat seorang fotografer handphone harus ekstra berusaha untuk membuat foto levitasi, tapi justru disitulah letak serunya. Oleh karena itulah komunitas Levitasi Hore ini lebih mengutamakan unsur fun: bagaimana bisa saling berbagi cara membuat foto dengan cara menyenangkan. Bisa dibilangitulah alasan digunakan kata ‘Hore’ di belakang komunitas ini.
Bahkan dengan menggunakan kamera DSLR pun teknik foto levitasi terbilang susah-susah gampang. Foto levitasi menitikberatkan objek fotonya untuk benar-benar melayang melawan gravitasi tanpa bantuan apapun. Memang saat ini ada banyak software yang bisa digunakan untuk memanipulasi gambar secara digital, termasuk membuat sebuah benda seperti melayang. Namun sekali lagi, komunitas Levitasi Hore ini ada untuk berbagi pengalaman fotografi yang seru, bukan untuk sekadar menciptakan foto yang keren secara visual.
Oleh karena itulah komunitas Levitasi Hore mengutamakan foto yang dihasilkan dari acara photowalk (kegiatan membuat foto levitasi secara bersama-sama) untuk dipamerkan di blog levitasihore.tumblr.com. Sebab pada saat photowalk inilah para fotografer berjuang bersama-sama membuat foto levitasi dengan baik dan benar sekaligus bersosialisasi. Tidak heran jika acara photowalk ini seringkali mengundang komunitas lain untuk hunting foto bersama. Namun tidak menutup kemungkinan foto levitasi lain yang bagus yang tidak berasal dari ajang photowalk dipajang di blog, tentunya asalkan terbukti tidak curang.
Contoh Foto Levitasi (Sumber: http://hendynoize.net)
Contoh Foto Levitasi (Sumber: http://hendynoize.net)
Hingga saat ini sudah ada 14 Levitasi Hore Regional yang membantu   mengorganisir kegiatan photowalk di daerah masing-masing. Diantaranya Bandung, Makasar, Medan, Palembang, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Malang, Padang, dan lainnya. Berminat untuk bergabung? Silahkan hubungi komunitas Levitasi Hore:

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

- Copyright © Akhmad Ghifari Blog -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -